Abstak
Hanny Sri Handayani NPM 181105050431. Efektivitas Metode Mind Mapping
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn MI
Raudlatul Muta’alimin Bogor. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Dalam pembentukan karakter bangsa dan pengembangan sumber daya manusia
diperlukannya pendidikan sebagai salah satu aspek yang memiliki peranan penting,
melalui kegiatan pendidikan dapat menjadi landasan atau suatu kebutuhan yang
menjadi hal utama agar meningkatnya mutu kehidupan dimasa yang akan datang.
Dengan adanya pendidikan dapat mengubah pola pikir, sikap serta perilaku individu
yang dapat mewujudkan semua potensi dirinya baik sebagai pribadi maupun
sebagai masyarakat dan warga. Salah satu permasalahannya yaitu pembelajaran
yang masih menerapkan metode konvesional yaitu guru menjelaskan materi
kemudian peserta didik mencatat dan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.
Sehingga pembelajaran hanya terpusat kepada guru (teacher center), sedangkan
siswa hanya mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Hal itu menyebabkan
kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa terhadap pelajaran PPKn. Salah satu
metode yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar PPKn adalah metode
mind mapping. Pembelajaran PPKn dengan menggunakan metode mind mapping
dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan pemahaman daya ingat siswa.
Dengan demikian, siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja,
namun siswa dapat lebih aktif pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu
mengetahui bagaimana tahapan-tahapan dan efektivitas metode mind mapping pada
pembelajaran PPKn di MI Raudlatul Muta’alimin Bogor. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
metode pembelajaran Mind Mapping. Adapun hasil penelitian bahwa Metode mind
mapping pada proses pembelajaran PPKn di sekolah MI Raudlatul Muta’alimin
khususnya kelas tiga efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Rata-rata hasil
belajar pra siklus sebanyak 66,6. Pada siklus I rata-rata kelas diperoleh sebanyak
69,8 dan siklus II rata-rata diperoleh sebanyak 74,8.
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, PPKn