Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Program Studi MANAJEMEN
Judul STRATEGI ANALISIS SWOT INOVASI DAN PRODUK DALAM PENINGKATAN PENJUALAN
Tahun 2022
Tanggal Input 24 Jul 2025, 11.49



Abstak

Muhammad Fikri Al Farobi
181104010655
Objek dalam penelitian ini adalah Roti Bakar Galuh Binangkit terletak di
Perumahan Adiwira blok C no 6 dan untuk pabrik blok A no 14 RT 01 RW 13
Kelurahan Nanggewer Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui inovasi dan produk yang dihasilkan, untuk mengetahui
strategi yang tepat dalam berinovasi dengan menghasilkan suatu produk yang
menarik minat konsumen, dan untuk mengetahui analisis SWOT pada Roti Bakar
Galuh Binangkit. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini adalah studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metode
analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Penggunaan
matriks IE yaitu penggabungan nilai dari IFAS yaitu 3,12 dan nilai EFAS 2,7. Roti
Bakar Galuh Binangkit berada pada posisi IV (strategi stabilitas) yaitu
menunjukan bahwa Roti Bakar Galuh Binangkit dalam posisi kedewasaan baik
dalam produksi, distribusi maupun pemasaran pada fase ini juga menekankan
pada meningkatnya efisiensi terhadap inovasi serta menimalisir resiko kerugian
terhadap produk. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil 1 saran strategi
yang menjadi pilihan utama yaitu diharapkan Roti Bakar Galuh Binangkit dapat
melakukan inovasi yang menarik terhadap varian produk dengan tujuan agar
konsumen tidak jenuh dengan produk yang sudah banyak di pasaran.
Kata Kunci : Roti Bakar Galuh Binangkit, Inovasi, Produk, Analisis SWOT


Preview