Abstak
Randy Rahman 171104090184, “Peran Guru PAI dalam Membina
Akhlakul Karimah Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19”. 2022, dibimbing
oleh Chodidjah Makarim dan Hasbi Indra. Pendidikan Agama Islam.
Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Latar belakang penelitian ini adalah, Pada masa pandemi Covid-19 segala
aktifitas perekonomian, sosial, dan bahkan pendidikan sempat fakum dan tidak ada
proses pembelajaran. Sekolah-sekolah yang banyak ditutup agar tidak terjadi
lonjakan penyebaran virus Covid-19 secara signifikan. Dengan demikian, tidak
akan terjadi tatap muka antara guru dengan siswa. Sementara itu interaksi guru
dengan siswa dalam proses pembelajaran sangat penting untuk mengetahui
kemajuan proses belajar siswa. Dengan adanya proses belajar daring, guru harus
benar-benar memerhatikan belajar siswa yang dilakukan secara online. Adanya
pandemi Covid-19 ini telah merubah segalanya termasuk peran guru pai dalam
pembinaan akhlakul karimah. Peran Guru PAI dalam membina Akhlakul Karimah
sangatlah penting bagi Sekolah pada masa pandemi seperti ini, Peran Guru PAI
bukan hanya sekedar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam saja, tetapi
juga seorang Guru PAI harus memberikan teladan yang baik dan membina akhlakul
karimah siswa pada masa pandemi covid-19 saat ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pai dalam
membina akhlakul karimah siswa pada masa pandemi covid-19 di MA Ar-Ridho
Kota Depok, 1) Peran yang dilakukan seorang guru pai dalam mewujudkan
akhlakul karimah, 2) Pembinaan akhlakul karimah, 3) faktor-faktor apa yang
mempengaruhi terbentuknya akhlakul karimah, 4) Pengaruh antara peran guru PAI
dalam pembinaan akhlakul karimah siswa pada masa pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar
0,776. Pada interpretasi sederhana, angka tersebut berada di rentan 0,70 - 0,90 yang
mengandung arti variabel X dan Y terdapat korelasi yang baik atau kuat. Kemudian
dengan menggunakan tabel signifikasi 5% diperoleh rtabel 0,320 dari 38 sampel.
Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho atau hipotesis nol ditolak dan Ha
diterima dikarenakan rhitung 0,776 > rtabel 0,320. Artinya terdapat hubungan antara
Peran Guru PAI dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa di MA Ar-Ridho Kota
Depok.
Kata Kunci : Peran Guru PAI, Membina Akhlakul Karimah