Abstak
ABSTRAK
Arifal Fajri Pramusita, Implementasi Metode Iqra’ Dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X-1, X-2, X-3 di SMA
Negeri 4 Kota Bogor. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Membaca Al – Qur’an membutuhkan metode yang menarik. Hal yang
melatarbelakangi penelitian ini adalah fenomena di lapangan terlihat banyak
peserta didik kelas X-1, X-2, X-3 SMA Negeri 4 Kota Bogor yang belum mampu
untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid yang
berlaku. Oleh karena itu terdapat sebuah metode yang dapat meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu metode Iqra’. Fokus utama penelitian ini
adalah implementasi metode Iqra’ di kelas X-1, X-2, X-3 SMA Negeri 4 Kota
Bogor dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan Implementasi Metode Iqra’
di kelas X-1, X-2, X-3, untuk Memahami Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Peserta Didik kelas X-1, X-2, X-3 di SMA NEGERI 4 dapat meningkat dengan
Implementasi Metode Iqra’, untuk Mendalami faktor pendukung dan faktor
hambatan Peserta Didik X-1, X-2, X-3 SMA Negeri 4 Kota Bogor dalam membaca
Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui
teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunakan
analisis reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan
bahwa implementasi metode Iqra’ di kelas X-1, X-2, X-3 di SMA NEGERI 4
KOTA BOGOR berjalan dengan 5 tahapan: pembukaan, apersepsi, latihan,
evaluasi dan penutup. Proses pembelajaran Al-Qur’an dilakukan dengan cara
Implementasi Metode Iqra’ dan diperdengarkan langsung oleh guru. Sesi
berlangsung selama 60 menit setiap hari senin, selasa dan rabu sepulang sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 4 Kota Bogor menunjukan
peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik kelas X. Di kelas
X-1 yang terdiri dari 35 peserta didik (6 non-islam), 9 peserta mengalami
peningkatan makhraj, tajwid, dan kenaikan iqra’ dari 6 ke juz 1, serta 15 peserta
fasih juga mengalami peningkatan. Namun, 5 peserta tidak mengalami kemajuan.
Di kelas X-2 dengan 34 peserta didik (5 non- islam), 16 peserta mengalami
peningkatan dalam makhraj, tajwid, dan kenaikan iqra’ 1 – 5 ke iqra’ 6. Sedangkan
12 peserta fasih menunjukan peningkatan implementasi tajwid dan 1 peserta didik
tidak mengalami perubahan. Di kelas X-3 yang terdiri dari 35 peserta didik (6 non-
islam), 13 peserta mengalami peningkatan dalam makhraj dan tajwid, serta 14
peserta fasih naik dari iqra’ 6 ke juz 1, sementara 2 peserta tidak mengalami
kemajuan. Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an telah melalui proses
belajar tajwid dan makhrajul huruf dengan praktek metode Iqra’. Keberhasilan
metode Iqra’ didukung oleh fasilitas, sumber belajar memadai, dukungan guru,
motivasi belajar peserta didik, dan didukung oleh motivasi eksternal dari orangtua.
Hambatan metode iqra’ dalam membaca Al-Qur’an yaitu kurangnya motivasi
belajar membaca Al-Qur’an dari peserta didik.
Kata Kunci: Metode Iqra’: Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-
Qur’an dengan tajwid dan makhrajul huruf peserta didik kelas X-1, X-2, X-
3 di SMA NEGERI 4 KOTA BOGOR
xi