Abstak
Nurul Hikmah Saputri, NPM 181105010227, “Penggunaan Media Sosial Aplikasi
Tiktok Terhadap Kedisplinan Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas 11 SMA
Bosowa Bina Insani”. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas
Ibn Khaldun Bogor. 2023.
Penelitian ini di latar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi
dalam penggunaan media sosial aplikasi tiktok terhadap kedisiplinan belajar di
SMA Bosowa Bina Insani Banyak dari mereka yang menggunakan media sosial
TikTok sampai saat ini. Dari salah satu peserta didik yang menggunakan media
sosial TikTok mereka pun mengatakan bahwa media sosial ini sangat membuat
mereka terhibur dengan banyaknya video-video yang bermacam-macam, tetapi
terkadang media sosial tersebut membuat mereka menjadi lupa waktu belajar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media sosial aplikasi TikTok
terhadap kedisiplinan belajar pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan naratif, sumber data
primernya yaitu guru dan siswa. Adapun validasi data dengan model triangulasi.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara dengan latar
penelitian di SMA Bosowa Bina Insani kota Bogor, subyek penelitiannya
dikhususkan kepada siswa kelas 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa
menggunakan Media sosial TikTok ini terbukti berdasarkan hasil Wawancara
langsung kepada siswa. Dalam kategori Penggunaan media sosial TikTok, siswa
SMA Bosowa Bina Insani termasuk ke Dalam kategori pengguna media sosial yang
cukup aktif. Adapun Penggunaan media sosial TikTok berpengaruh terhadap
kedisiplinan belajar siswa. TikTok menawarkan konten yang menarik dan
menghibur dapat mengganggu waktu belajar siswa jika digunakan secara
berlebihan. Selain itu, penggunaan TikTok juga dapat membuat siswa kurang fokus
dan tidak konsentrasi saat belajar. Namun, dampak penggunaan TikTok terhadap
kedisiplinan belajar siswa tidak selalu negatif. TikTok dapat digunakan sebagai
sarana untuk memotivasi siswa dalam belajar. Beberapa akun TikTok menyajikan
konten edukatif dan inspiratif yang dapat membantu siswa dalam memahami materi
pelajaran dengan cara yang lebih menyenangkan dan kreatif. Oleh karena itu,
penting bagi siswa untuk mengatur penggunaan waktu dan membatasi penggunaan
media sosial seperti TikTok agar tidak mengganggu kedisiplinan belajar. Selain itu,
penggunaan TikTok juga sebaiknya dibarengi dengan penggunaan media sosial lain
yang lebih edukatif untuk membantu meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Kata Kunci: Aplikasi TikTok, Kedisiplinan Belajar, Mata Pelajaran PAI