Abstak
Putri Hasna Suherdi, “Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT)
Terhadap Hasil Belajar Sejarah Islam Dikelas IX SMP Negeri 19 Bogor”,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas
Ibn Khaldun Bogor, 2024.
Hasil belajar merupakan kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai
oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dan meliputi
keterampilan kognitif, afektif, maupun psikomotor. Pembelajaran konvensional
yang cenderung satu arah seringkali kurang efektif dalam meningkatkan hasil
belajar. Oleh karena itu, salah satu pendekatan pembelajaran yang dinilai
efektif untuk meningkatkan hasil belajar adalah team games tournament
(TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran Team
Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada materi sejarah
islam di kelas IX. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 19 Bogor pada bulan
Agustus tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah
Quasi Experimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel
penelitian adalah siswa IX-1 sebagai kelompok eksperimen dan siswa IX-2
kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran Team
Games Tournament dan kelompok kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran
konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes hasil belajar.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik uji t untuk melihat
perbedaan signitifkan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar
antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Terbukti dengan taraf
signifikan 5%, nilai sig < ? yaitu 0,000 ? 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho
ditolak. Temuan ini membuktikan bahwa adanya pengaruh yang signifikan
penggunaan model pembelajaran TGT terhadap Hasil belajar dalam mata
pelajaran Sejarah islam kelas IX SMP Negeri 19 Bogor Tahun Ajaran
2024/2025.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Sejarah Islam, Model Team Games Tournament.