Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN BABELAN KOTA 07 BEKASI
Tahun 2020
Tanggal Input 25 Jun 2025, 10.06



Abstak

ABSTRAK
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE MELALUI
MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN BABELAN KOTA 07 BEKASI
Halimatussa’diyah Arhani
Fakultas Agama Islam, UIKA BOGOR
deaarhani@gmail.com
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan siswa dalam pembelajaran menulis
paragraf deskripsi dan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan model Example
Non Example. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan
di SDN Babelan Kota 07 Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa
(1) model pembelajaran Example Non Example dengan menggunakan media gambar dan
video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf
deskripsi pada siswa kelas III SDN Babelan Kota 07 Bekasi. Meningkatkan siswa dalam
pembelajaran ditandai dengan peningkatkan nilai rata-rata siswa pada siklus I = 70 (cukup).
Siklus II = 75 (baik) dan (2) meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada
siswa ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan
belajar. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf deskripsi mencapai 70
Dengan persentase ketuntasan pre test sebesar 73?n post test sebesar 67%. Pada siklus
II mencapai 75 Dengan persentase ketuntasan pre test 93?n post test sebesar 100% Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Example Non Example dengan
menggunakan media gambar dan video yang efektif digunakan pada pembelajaran menulis
paragraf deskripsi.
Kata Kunci: menulis, paragraf deskripsi, example non example.

ABSTRAC
IMPROVE THE SKILLS OF WRITING DESCRIPTIVE PARAGRAPHS WITH
THE EXAMPLE NON EXAMPLE LEARNING MODEL THROUGH IMAGE
MEDIA FOR CLASS STUDENTS III SDN BABELAN KOTA 07 BEKASI
Halimatussa’diyah Arhani
Fakultas Agama Islam, UIKA Bogor
deaarhani@gmail.com
The purpose of this study is to improve students in learning to write descriptive
paragraphs using the example non example model. This research is a classroom action
(ptk) conducted in SDN Babelan Kota 07 Bekasi. Based on the results of the research, it
can be concluded that 1). The example non example learning model with the media of
picture and videos can improve students ability in learning to write descriptive
paragraphs in class III SDN Babelan Kota 07 Bekasi. Improving students in learning is
marked by increasing the average score of students in cycle I = 70 (enough). Cycle II =
75 (good) and 2). Improve students ability to write descriptive paragraphs marked by an
increase in the number of students who achieve the criteria for learning completeness.
In cycle I the average value of the ability to write descriptive paragraphs reached 70 with
a completeness percentage of completeness of the pre test was 73% and the post test was
67%. In cycle II reached 75 with a percentage of completeness of the pre test of 93% and
the post test of 100% . The results of this study indicate that the example non example
learning model using image and video media is effectively used in learning write a
paragraph of description.
Kata Kunci: write, descriptive paragraphs, example non example


Preview