Abstak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. “Kompetensi Guru dalam
Penggunaan Teknologi Informatika (TIK) Pada kegiatan pembelajaraan PAI di
SDN Pasir Batang 01 Manonjaya Tasikmalaya Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kompetensi guru dalam penggunaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) pada kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)
di SDN Pasir Batang 01 Manonjaya, Tasikmalaya. Seiring dengan
perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, kemampuan guru dalam
mengintegrasikan TIK ke dalam proses pembelajaran menjadi kebutuhan yang
penting untuk meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran, terutama
dalam mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian
guru telah memiliki kompetensi dasar dalam menggunakan TIK seperti
penggunaan media presentasi, video pembelajaran, dan aplikasi pendukung
lainnya. Namun, pemanfaatan TIK masih terbatas karena kendala sarana
prasarana dan kurangnya pelatihan berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan
upaya peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan dukungan fasilitas
agar pembelajaran PAI lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan peserta
didik di era digital.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, TIK, Pembelajaran PAI, Sekolah Dasar, Inovasi
Pendidikan,Implementasi