Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMA BOSOWA
Tahun 2025
Tanggal Input 02 Jun 2025, 09.36



Abstak

ABSTRAK
Restu Ayu Permata Sari, NPM 191105010368. “Pengaruh Metode Pembelajaran
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam Kelas XI Di SMA Bosowa.”
Pembelajaran yang unggul tentu dilengkapi dengan pedoman skenario pembelajaran
yang diharapkan oleh pendidik. Tujuannya agar proses pembelajaran dapat berjalan
lebih efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan para murid, penyusunan rencana
pembelajaran mutlak dilakukan oleh pendidik sebelum mereka melaksanakan tugas
mereka dalam menyajikan materi pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui
hasil belajar, pengimplementasian metode diskusi dan pengaruh metode pembelajaran
pada mata Pelajaran PAI di SMA Bosowa. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian eksperimen desain Quasy experimental design. Populasi seluruh peserta
didik kelas XI tahun ajaran 2023- 2024 terdiri dari 40 peserta di luar kelas eksperimen
dan kelas kontrol siswa yang terbagi menjadi 5 kelas. Sampel Probability Sampling
dengan jenis Purposive Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan
tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas. Hasil penelitian ini metode diskusi dapat memberikan pengaruh
terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada mata Pelajaran PAI, dari hasil uji
independent sampel t tes. Begitupun hipotesisnya mempengaruhi hasil belajar. Salah
satunya ialah penggunaan metode diskusi kelompok dapat memberikan stimulasi
siswa dalam merespon, berargumen dan menyuarakan suaranya dalam pembelajaran.
Sehingga terciptanya suasana kelas yang akitf, interaktif dan kreatif dalam
pembelajaran mata Pelajaran PAI. Butuh waktu lama untuk mencapai pengaruh yang
lumayan signifikan agar para siswa pun terbiasa untuk melakukan pembelajaran
dengan metode diskusi. Kesimpulannya pengaruh metode pembelajaran pada mata
pelajaran PAI di SMA Bosowa sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik, karna
dengan menggunakan metode pembelajaran metode yang interaktif dan menarik dapat
membantu siswa memahami konsep-konsep agama Islam dengan lebih mendalam,
serta mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Metode, Pembelajaran, Hasil Belajar, PAI


Preview