Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul PENGARUH PENERAPAN HOTS (Higher Order Thinking Skills) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS 3 MI NURUL FALAH 1 LEWINANGGUNG
Tahun 2020
Tanggal Input 25 Jun 2025, 10.31



Abstak

ABSTRAK
PENGARUH PENERAPAN HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN
JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS 3 MI NURUL FALAH 1
LEWINANGGUNG
Oleh:
Resa Melinda
NPM 161104101095
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan HOTS (Higher Order
Thinking Skills) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas 3 di
MI Nurul Falah 1 Lewinanggung, (2) mengetahui pengaruh penerapan HOTS (Higher
Order Thinking Skills) terhadap jiwa kewirausahaan siswa kelas 3 di MI Nurul Falah 1
Lewinanggung, (3) mengetahui apakah penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skills)
dapat meningkatkan prestasi dan jiwa kewirausahaan siswa kelas 3 di MI Nurul Falah 1
Lewinaggung. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan jenis penelitian kuasi
eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 di MI Nurul Falah
1 Lewinanggung yang berjumlah 10 orang. Dalam penelitian ini, siswa dibagi menjadi
kedalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam
penelitian ini, pada kelompok eksperimen diberikan pengaruh HOTS (Higher Order
Thinking Skills) sedangakan pada kelompok kontrol tidak diberikan pengaruh HOTS
(Higher Order thinking Skills). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan HOTS
(Higher Order Thinking Skills) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika di MI Nurul Falah 1 Lewinanggung, (2) penerapan HOTS (Higher
Order Thinking Skills) berpengaruh terhadap jiwa kewirausahaan siswa kelas 3 di MI
Nurul Falah 1 Lewinanggung, (3) penerapan HOTS (Higher Order Thinking Skills) dapat
meningkatan prestasi belajar dan jiwa kewirausahaan siswa yang dapat dibuktikan dengan
hasil pretest dan posttest yang dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Rata-rata nilai pretest kelompok kontrol pada peningkatan prestasi belajar yaitu
43 dan rata-rata nilai posttest yaitu 73. Rata-rata nilai pretest jiwa kewirausahaan pada
kelompok kontrol yaitu 44 dan rata-rata nilai posttest yaitu 71. Sedangakan rata-rata nilai
pretest kelompok eksperimen pada peningkatan prestasi belajar yaitu 46 dan rata-rata
nilai posttest yaitu 87. Rata-rata nilai pretest jiwa kewirausahaan pada kelompok
eksperimen yaitu 56 dan nilai rata-rata posttest yaitu 92.
Kata kunci: Higher Order Thinking Skills, prestasi belajar, jiwa kewirausahaan
xiv
ABSTRACK
THE EFFECT OF THE APPLICATION OF HOTS (HIGHER ORDER
THINKING SKILLS) ON THE LEARNING ACHIEVEMENT AND
ENTREPRENEURIAL SPIRIT OF GRADE 3 STUDENTS MI NURUL
FALAH 1 LEWINANGGUNG SCHOOL
RESA MELINDA
NPM 161104101095
This research aims to (1) know the application of HOTS (Higher Order
Thinking Skills) to students' learning results in grade 3 math subjects at MI Nurul
Falah 1 Lewinanggung, (2) to know the effect of hots (Higher Order Thinking
Skills) on the entrepreneurial spirit of grade 3 students in MI Nurul Falah 1
Lewinanggung, (3) knowing whether the application of HOTS (Higher Order
Thinking Skills) can improve the achievement and entrepreneurial spirit of grade
3 students in MI Nurul Falah 1 Lewinanggung. This research is a utilitative study
with a type of quasi research experiment. The subjects in this study were all 3rd
graders at MI Nurul Falah 1 Lewinanggung who numbered 14 people. In this
study, students were divided into two groups, namely the experiment group and
the control group. In this study, the experimental group was given the influence of
HOTS (Higher Order Thinking Skills) while the control group was not given the
influence of HOTS (Higher Order thinking Skills). The results showed that: (1) the
application of HOTS (Higher Order Thinking Skills) affects the learning outcomes
of students in mathematics subjects at MI Nurul Falah 1 Lewinanggung, (2) the
application of HOTS (Higher Order Thinking Skills) affects the entrepreneurial
spirit of grade 3 students at MI Nurul Falah 1 Lewinanggung, (3) the application
of HOTS (Higher Order Thinking Skills) can improve the learning performance
and entrepreneurial spirit of students that can be proven by the pretest and
posttest results conducted in experiment groups and control groups. The average
pretest score of the control group on improved learning achievement was 43 and
the average posttest score was 73. The average pretest value of the
entrepreneurial spirit in the control group was 44 and the average posttest score
was 71. The average pretest score of the experiment group was 46 and the
average posttest score was 87. The average entrepreneurial soul pretest score in
the experiment group was 56 and the average posttest score was 92.
Keywords: Higher Other Thinking Skills, learning achievements, entrepreneurial
spirit


Preview