Abstak
Hana Dwi Prasiwi 2023, “Organisasi Siswa Intra Sekolah dan pengaruh
terhadap Prestasi Peserta Didik Kelas XI SMA Taruna Terpadu Kemang
Bogor” Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun.
OSIS merupakan wadah untuk membentuk peserta didik dalam
bersosialisasi. Namun, di SMA Taruna Terpadu peserta didik yang mengikuti OSIS
menapatkan prestasi yang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab
permasalahan: 1. Bagaimana aktivitas Organisasi Siswalntra Sekolah di SMA
Taruna Terpadu 2. Bagaimana prestasi peserta didik kelas XI di SMA Taruna
Terpadu Bogor bagi mereka yang mengikuti Organisasi Siswa Intra Sekolah 3.
Bagaimana pengaruh organisasi siswa intra sekolah terhadap prestasi belajar pada
peserta didik SMA Taruna Terpadu Penelitian ini bertujuan 1. untuk mengetahui
aktivitas organisasi siswa intra sekolah di SMA Taruna Terpadu 2. membahas
prestasi belajar peserta didik si SMA Taruna Terpadu Kemang Bogor, 3. pengaruh
aktivitas Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam meningkatkan prestasi
belajar peserta didik di SMA Taruna Terpadu.
Penelitian ini membahas tentang Organisasi Siswa Intra Sekolah dan
pengaruh terhadap Prestasi Peserta Didik Kelas XI SMA Taruna Terpadu Kemang
Bogor yang membahas tentang OSIS: pengertian OSIS, tujuan OSIS, fungsi OSIS,
dan macam-macam OSIS, dan pretasi belajar: pengertian pretasi belajar, faktor
pretasi belajar, macam-macam prestasi belajar, tujuan pretasi belajar, dan fungsi
prestasi belajar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif
dengan metode survei, dengan populasi 24 orang peserta didik yang menjadi
pengurus OSIS dan menggunakan Teknik pengambilan sampel adalah total
sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Pearson Correlation atau t
hitung sebesar 0,645 sedangkan t tabel sebesar 0,404. Berdasarkan perhitungan
dengan menggunakan korelasi Pearson, ditemukan bahwa pengaruh kegiatan
organisasi organisasi siswa intra sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMA
Taruna Terpadu sebesar 41.6%. Sementara itu, sekitar 58,4% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan dari
penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kegiatan organisasi siswa
intra sekolah di SMA Taruna Terpadu dengan prestasi belajar peserta didik.
Kata kunci: Pendidikan agama islam, organisasi siswa intra sekolah, prestasi,
sekolah menengah atas, peserta didik