Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM
Judul HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSI DENGAN ADAPTASI SISWA KELAS VII DI SMPN 21 KOTA TANGERANG
Tahun 2023
Tanggal Input 30 May 2025, 10.47



Abstak

NURAENI (NPM. 191105060041): Hubungan Kematangan Emosi Dengan
Adaptasi Siswa Kelas VII Di SMPN 21 Kota Tangerang, Skripsi, Jurusan
Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam,
Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Penelitian ini didasari oleh kematangan emosi siswa yang menjadi faktor
kurangnya siswa dapat menyesuaikan diri dilingkungan sekolah. Oleh karena itu
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan emosi, tingkat
adaptasi siswa dan hubungan antara kematangan emosi dengan adaptasi siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi. Penelitian ini dilakukan
di SMPN 21 Kota Tangerang dan populasi dalam penelitian ini adalah 292
responden. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa dengan menggunakan
Teknik Nonprobality Samplin. Dalam memperoleh sebuah data, peneliti ini
menyebarkan kuesioner dengan metode survey. Skala yang dipakai dalam
pengumpulan data dengan menggunakan skala Kematangan Emosi dari Rahma
(2019) yang telah dimodifikasi oleh peneliti dan juga menggunakan skala
Adaptasi siswa dari Marwanto (2013) yang dimodifikasi oleh peneliti.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
positif antara kematangan emosi dengan adaptasi siswa di SMPN 21 Kota
Tangerang. Hasil ini ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,964 dan
koefisien determinasi sebesar 0,929 atau 92% yang menyatakan interpretasi antara
variabel kematangan emosi dan adaptasi siswa terdapat hubungan yang kuat dan
signifikan.
Kata Kunci : adaptasi siswa, bimbingan dan konseling, kematangan emosi