Abstak
Dian Ramdhini, 161101020500: “ANALISIS ASPEK PERKEMBANGAN SENI
ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DI JAWA BARAT (Studi pada lembaga Pendidikan Anaka Usia Dini, 2 lembaga
di Kota Bogor, 2 Lembaga di Kabupaten Bogor, dan 5 lembaga di Kota
Sukabumi)”.
Pendidikan Anak Usia Dini adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada
anak sejak lahir sampai usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian
rancangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan yang
membantu anak didik mengembangkan semua potensi baik psikis dan fisik. Permasalan
dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam menikmati berbagai alunan lagu
atau suara anak usia 5-6 tahun dan anak tertarik dengan kegiatan atau karya seni anak
usia 5-6 tahun yang kurang terstimulus. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui perkembangan anak usia 5-6 tahun, dalam hal perkembangan anak untuk
menikmati berbagai alunan lagu atau suara dan tertarik dengan kegiatan atau karya
seni, dan mengetahui tingkat rasa keingin tahuan anak terhadap seni. Metode yang
digunakan dalam penelitian adalah metode mixed methods dengan model Sequential
Exploratory dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik mengkaji data sekunder berdasarkan hasil data kuesioner kemudian dikaji secara
kualitatif dan di kuantitatifkan kemudian dijabarkan secara kualitatif dengan membuat
deskripsi mengenai kondisi yang diteliti. Pengambilan data di 9 (sembilan) lembaga
PAUD dari kota Bogor, kabupaten Bogor, dan kota Sukabumi. Data perkembangan
seni anak usia 5-6 tahun terbagi menjadi 2 (dua) stimulasi pengembangan yaitu;
menikmati berbagai alunan lagu atau suara anak usia 5-6 tahun, dan tertarik dengan
kegiatan atau karya seni anak usia 5-6 tahun. Pengembangan terkait perkembangan di
atas telah di anggap cukup baik untuk menstimulasi perkembangan aspek seni anak
usia dini, dan di anggap baik dalam meningkatkan perkembangan seni anak. Setiap
indikator perkembangan hampir seluruh dari total 9 (sembilan) lembaga PAUD dapat
dikatakan cukup mampu melakukan pengembangan dalam peningkatan aspek
perkembangan seni anak usia dini, karena sudah lebih dari setengahnya indikator
perkembangan seni secara keseluruhan mampu menstimulus perkembangan anak usia
5-6 tahun terutama dalam aspek seni.
Kata Kunci: PAUD, Perkembangan Seni, Anak Usia Dini.