Abstak
ABSTRAK
Akses internet di Indonesia dinilai oleh banyak pihak masih tergolong lambat.
Padahal dengan semakin luasnya layanan akses internet yang dimanfaatkan oleh
masyarakat dan semakin pentingnya akses internet berkecepatan tinggi, kualitas
layanan (Quality of Services/QoS) jasa akses internet di Indonesia menjadi hal
yang tidak bisa diabaikan begitu juga di wilayah Provinsi Maluku. Kualitas
layanan dapat dilihat dari sudut pandang pengguna berdasarkan kualitas layanan
yang dirasakan maupun dari sudut pandang penyelenggara berdasarkan kualitas
layanan yang disediakan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun
2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, penyelenggara jasa akses internet
(internet service providers) wajib memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan
pemerintah dan melaporkan kinerja operasi penyelenggaraan secara periodik
kepada pemerintah. penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau
indikasi kualitas layanan jasa akses internet yang existing disediakan oleh
penyelenggara jasa dan juga mengevaluasi kinerja internet service point yang
beroperasi di wilayah Provinsi Maluku.
Kata kunci: Internet Service Point, Internet Service Providers, Composite
Performance Index, Berbasis WebGIS