Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul EFEKTIVITAS METODE TAHFIZ MENGHAFAL AL QUR’AN DI DAYAH INSAN QUR’ANI ACEH BESAR
Tahun 2021
Tanggal Input 03 Jul 2025, 08.49



Abstak

Muhammad Zaki Mubarak. NPM 171104090127“Efektivitas Metode
Tahfiz Menghafal Al-Qur’an di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar” Fakultas
Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Skripsi 2021
Dayah Insan Qurani adalah salah satu pesantren yang menjadikan tahfiz
Alquran sebagai salah satu program utama. Berbeda dengan pesantren tahfiz
lainnya, Dayah Insan Qurani juga mengembangkan program bahasa dan
kurikulum sekolah yang padat. Sehingga para santri menjalani masa yang singkat
dalam menghafal Alquran sehari-hari. Namun tingkat keberhasilan santri dalam
menghafal Alquran sangat baik dalam mencapai target hafalan yang telah
ditetapkan meskipun berada dalam keterbatasan waktu untuk menghafal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang metode menghafal Alquran
yang diterapkan di Dayah Insan Qurani dalam pengembangan tahfiz Alquran.
Maka pertanyaan penelitian yang termuat dalam penelitian ini adalah 1.
Bagaimana cara pembinaan yang dilakukan oleh ustad/ustadzah dalam
meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri di Dayah Insan Qur’ani? 2. Bagaimana
metode menghafal Alquran yang diterapkan di Dayah Insan Qurani? 3.
Bagaimana efektifitas metode tahfiz Alquran yang diterapkan di Dayah Insan
Qurani? Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan
dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam mendapatkan data yang
diinginkan, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang penulis dapatkan di lapangan, perkembangan menghafal
Alquran di Dayah Insan Qurani menunjukkan peningkatan dalam penambahan
jumlah hafalan santri. Dayah Insan Qurani tidak menetapkan metode khusus bagi
para santri dalam menghafal Alquran. Sedangkan untuk setoran hafalan dayah
Insan Qurani menerapkan metode talaqqi, yaitu santri menyetorkan hafalan secara
langsung di hadapan guru. Program ta?f?? yang dilaksanakan juga berjalan efektif
dari segi pelaksanaan program dan prestasi santri. Namun kurang efektif dalam
tingkat kelancaran santri.
Kata Kunci: Tahfiz,Santri


Preview