Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Judul PERSEPSI MAHASISWA KPI UIKA BOGOR DALAM MENYIKAPI KONTEN-KONTEN AKUN INSTAGRAM @HIMAKPI_UIKA
Tahun 2023
Tanggal Input 02 Aug 2025, 09.22



Abstak

Muhammad Afnan Fairuz 181105030150,

Penelitian ini menginvestigasi persepsi mahasiswa Program Studi Komunikasi dan
Penyiaran Islam (KPI) di Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) dalam menyikapi
konten-konten yang dihadirkan dalam akun Instagram resmi Himpunan Mahasiswa
KPI (HIMA KPI) @himakpi_uika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
bagaimana mahasiswa KPI UIKA mempersepsikan dan merespons desain
komunikasi visual pada akun Instagram tersebut. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan yang peneliti gunakan yakni studi
lapangan dengan menggunakan teknik reduksi data. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa KPI UIKA terhadap akun tersebut bahwa
mayoritas responden menganggap desain tersebut positif dan relevan dengan minat
mereka. Akun ini menyediakan informasi yang jelas mengenai kegiatan Himpunan
Mahasiswa Program Studi KPI UIKA Bogor, yang membantu meningkatkan
kesadaran dan partisipasi mahasiswa. Daya tarik visual yang kuat dalam desain
komunikasi visual memiliki peran penting dalam mempertahankan minat dan
keterlibatan mahasiswa di akun tersebut. Kesederhanaan dalam desain diakui
sebagai faktor kunci dalam menciptakan persepsi positif dan efektivitas komunikasi
visual yang berkelanjutan di kalangan mahasiswa KPI UIKA Bogor.
Kata kunci: Persepsi; Desain Komunikasi; Instagram; Mahasiswa; Komunikasi