Abstak
                                            
                                                 Muhammad Afnan Fairuz 181105030150, 
Penelitian ini menginvestigasi persepsi mahasiswa Program Studi Komunikasi dan 
Penyiaran Islam (KPI) di Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) dalam menyikapi 
konten-konten yang dihadirkan dalam akun Instagram resmi Himpunan Mahasiswa 
KPI (HIMA KPI) @himakpi_uika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 
bagaimana mahasiswa KPI UIKA mempersepsikan dan merespons desain 
komunikasi visual pada akun Instagram tersebut. Metode yang digunakan dalam 
penelitian ini adalah kualitatif, pendekatan yang peneliti gunakan yakni studi 
lapangan dengan menggunakan teknik reduksi data. Hasil penelitian ini 
menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa KPI UIKA terhadap akun tersebut bahwa 
mayoritas responden menganggap desain tersebut positif dan relevan dengan minat 
mereka. Akun ini menyediakan informasi yang jelas mengenai kegiatan Himpunan 
Mahasiswa Program Studi KPI UIKA Bogor, yang membantu meningkatkan 
kesadaran dan partisipasi mahasiswa. Daya tarik visual yang kuat dalam desain 
komunikasi visual memiliki peran penting dalam mempertahankan minat dan 
keterlibatan mahasiswa di akun tersebut. Kesederhanaan dalam desain diakui 
sebagai faktor kunci dalam menciptakan persepsi positif dan efektivitas komunikasi 
visual yang berkelanjutan di kalangan mahasiswa KPI UIKA Bogor. 
Kata kunci: Persepsi; Desain Komunikasi; Instagram; Mahasiswa; Komunikasi