Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH MENGAHFAL AL QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQH DI SMP HUFFAZH DARUL MUNIR KOTA BEKASI
Tahun 2024
Tanggal Input 06 Aug 2025, 08.55



Abstak

M. Al Farouq F 201105010676, “Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil
Belajar Mata Pelajaran Fiqh di SMP Huffazh Darul Munir Bekasi”. Pendidikan
Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibnu Khaldun Bogor. 2024.

SMP Huffazh Darul Munir adalah sekolah yang memiliki keunggulan dalam bidang
tahfidz (menghafal Al-Qur’an). Terbukti dengan banyaknya prestasi yang didapat
dalam menghafal dan membaca Al-Qur’an baik di tingkat daerah maupun tingkat
nasional. Selain dalam menghafal Al-Qur’an, Darul Munir juga membekali para
siswa/i nya dengan Pelajaran diniyah dan diknas. Maka dari itu penulis bermaksud
ingin meneliti adakah pengaruh dari menghafal Al-Qur’an terhadap salah satu
Pelajaran diniyah yaitu fiqh.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif, dimana
penelitian yang menggambarkan suatu fenomena dengan data yang akurat, teliti,
secara sistematis dan menggunakan olah data statistik, oleh karena itu data yang
diperoleh dan hasil yang di dapatkan berupa angka. Penelitian dilaksanakan di SMP
Huffazh Darul Munir dengan populasi sebanyak 59 siswa. Penelitian dilaksanakan
selama dua minggu dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Setelah
dilakukan penelitian dan dilakukan perhitungan dengan menggunakan Uji (Regresi
Linear Sederhana) pada tabel Summary nilai koefisien determinasi (R Square)
adalah 0, 330 yang berarti terdapat pengaruh dari variabel bebas (menghafal Al
Qur’an) terhadap variabel terikat (hasil belajar siswa) sebanyak 33?n dari nilai
Coefficients T hitung diperoleh : = 11,619 dengan besar nilai signifikansi 0,000 <
0,05.
Kata kunci: Menghafal Al-Qur’an, Hasil Belajar, Fiqh