Abstak
Dinda Amanda Puti. Pengaruh Influencer TikTok dan Perilaku Konsumtif terhadap
Keputusan Pembelian Hijab Mahasiswi Ibn Khaldun Bogor.
Perkembangan pengguna internet tidak lepas dari pesatnya perkembangan ponsel dan
tekhnologi. Salah satu media internet yang paling populer di Indonesia adalah TikTok.
Kemudian dengan perkembangan yang terus meningkat TikTok menjadi salah satu media
yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk meningkatkan suatu penjualan produk.
Pengguna remaja khususnya mahasiswi menggunakan TikTok sebagai referensi untuk
mencari produk hijab yang sedang trend. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk
mengetahui sejauh mana pengaruh Influencer TikTok terhadap keputusan pembelian. 2).
Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh perilaku konsumtif terhadap keputusan
pembelian. 3). Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Influencer TikTok dan perilaku
konsumtif terhadap keputusan pembelian hijab. Penelitian ini dilakukan terhadap 78
Mahasiswi Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor. Selanjutnya data
analisis menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis serta uji koefisien
determinasi yang telah melewati tahap uji instrument dan uji klasik. Hasil dari penelitian
ini adalah bahwa pengaruh Influencer TikTok dan perilaku konsumtif berpengaruh secara
signifikan dengan nilai t hitung masing-masing 3,738 dan 4,473. Kedua variabel tersebut
berpengaruh secara simultan juga dengan nilai F Hitung 66,367. Hasil uji koefisien
determinasi (r²) menunjukan pengaruh sebesar 0,639 atau 63,9%.
Kata Kunci: Influencer TikTok, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumtif.