Abstak
Feri Apriandi (171104100230), 2022, pengaruh pendekatan RME (realistic
Mathematic Education) terhadap hasil belajar dan kreatifitas berpikir siswa
kelas 4 sd pioneer depok dalam memecahkan masalah matematika. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam, Universitas
Ibn Khaldun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan RME
(realistic Mathematic Education) terhadap hasil belajar dan kreatifitas berpikir
siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian quasi
experimental design dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Tes hasil belajar dan lembar penilaian kreatifitas
berpikir adalah instrumen yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data.
Pada masa pademi covid-19 sekolah pun dibatasi oleh karena itu sampel
penelitian ini adalah siswa kelas 4 sd pioneer depok yang berjumlah 28 orang
yang dibagi menjadi 2 kelas (Kelas Eksperimen dan Kelas kontrol). Hasil
penelitian menunjukan bahwa siswa yang diberi pendekatan realistic mathematic
education (RME) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai
rata-rata siswa yang tidak diberi pendekatan. Nilai rata-rata prestasi belajar kelas
eksperimen adalah 86,07 sedangkan pada kelas kontrol adalah 75. Sedangkan nilai
rata-rata pada kreatifitas berpikir siswa pada kelas eksperimen 18 sedangkan kelas
kontrol 16,14. Berdasarkan uji hipotesis hasil belajar nila thitung 3.982 dan hipotesis
kreatifitas berpikir siswa nilai thitung 6.081.. Maka Ha diterima dan Ho ditolak,
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pendekatan RME terhadap Hasil
Belajar Dan Kreatifitas Berpikir siswa kelas 4 SD Pioneer Depok..
Kata kunci: Realistic Mathematic Education (RME), Hasil Belajar, Kreatifitas
Berpikir.