Abstak
Alfiyah Fathekhahsari (191105010416): Penggunaan Metode Muhadatsah
Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Kelas VII MTs
Daarul Muhajirin Kota Bogor, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Metode Muhadatsah Dalam
Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Daarul Muhajirin Kota Bogor. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam dua siklus. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi kegiatan guru dan siswa, dan lembar
tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbahasa Arab siswa dari pra siklus,
siklus I ke siklus II, dimana terlihat dari hasil tes belajar yaitu dari 25 orang siswa pada pra
siklus yang tuntas hanya 9 orang siswa dengan persentase ketuntasan 36?n belum
memenuhi ketuntasan klasikal, pada siklus I sebanyak 19 orang siswa dengan persentase
76%, dan pada siklus II sebanyak 21 orang siswa dengan presentase ketuntasan 84%, ini
menunjukkan terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus I dan siklus II serta telah
memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
Muhadatsah dapat meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Di Madrasah
Tsanawiyah (MTs) Daarul Muhajirin Kota Bogor.
Kata kunci: Metode Muhadatsah, Kemampuan, Bahasa Arab