Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS
Program Studi TEKNIK MESIN
Judul PEMILIHAN SISTEM PENGGERAK PADA ALAT UJI FRAME SEPEDA JALAN
Tahun 2019
Tanggal Input 28 Jun 2025, 09.33



Abstak

ABSTRAK
frame sepeda sendiri mempunyai fungsi untuk menahan gaya-gaya beban
pengendara. Baik itu gaya berat, gaya dorong yang diakibatkan kontruksi jalan
tidak stabil, sehingga terjadi tumbukan antara frame sepeda dengan jalan yang
dilalui. Berdasarkan data tersebut sering terjadi kerusakan pada frame sepeda
seperti bengkok, bending, atau bahkan patah saat dikendarai, yang dapat
membahayakan pengendara. Tujuan penelitian ini Melakukan pemilihan transmisi
dan analisis yang sesuai, untuk mentransfer daya motor sebesar 1HP sehingga
output daya transmisi mampu menopang kinerja mesin uji buckling.
Dengan metode pengujian tanpa beban dan dengan beban. Sehingga
menghasilkan gaya dorong yang mampu menopang kinerja uji buckling frame
sepeda jalan. Dan bisa mnguji kekuatan frmae sepeda jalan. Berdasarkan hasil
penelitian pemilihan transmisi daya uji buckling. Dengan menggunakan metode
tanpa beban sebanyak 5 kali pengujian diperoleh gaya dorong terendah 1766.5 N
dan gaya dorong tertinggi 2505.6 N. sedangkan dengan metode menggunakan
beban, yaitu frame sepeda sebagai obyek pengujian. Data diambil setiap mounting
bergerak sejauh 10mm. hasil yang diperoleh dari pengujian ini yaitu frame sepeda
mengalami buckling akibat gaya dorong yang diberikan sebesar 1835.7 N.
kesimpulan dari hasil diatas hasil actual tidak jauh dari perhitungan teoritis.
Kata kunci: gaya dorong, frame sepeda,, sistem transmisi daya, pengujian frame,
buckling.
vii
ABSTRACT
the
bicycle frame it self has a function to hold the load forces of the rider.
Be it gravity, thrust caused by unstable road construction, resulting in collisions
between bicycle frames with the road being traversed. Based on these data there
is often damage to the bicycle frame such as bending, bending, or even broken
when driving, which can endanger the driver. The purpose of this study is to select
the appropriate transmission and analysis, to transfer 1HP motor power so that
the transmission power output can support the performance of the buckling test
machine. With testing methods without load and with load. So as to produce thrust
that is able to support the road bike frame buckling test performance. And you can
test the strength of the road bike fraction. Based on the results of research on the
selection of buckling test power transmissions. Using the no-load method 5 times
the lowest thrust force is 1766.5 N and the highest thrust force is 2505.6 N.
Whereas the method uses the load, that is the bicycle frame as the object of
testing. Data taken for each mounting moves as far as 10mm. the results obtained
from this test are bicycle frames buckling due to the thrust given is 1835.7 N. The
conclusions from the results above the actual results are not far from theoretical
calculations.
Keywords: thrust, bicycle frame, power transmission system, frame testing,
buckling.


Preview