Abstak
                                            
                                                 ABSTRAK
 frame sepeda sendiri mempunyai fungsi untuk menahan gaya-gaya beban 
pengendara. Baik itu gaya berat, gaya dorong yang diakibatkan kontruksi jalan 
tidak stabil, sehingga terjadi tumbukan antara frame sepeda dengan jalan yang 
dilalui. Berdasarkan data tersebut sering terjadi kerusakan pada frame sepeda 
seperti bengkok, bending, atau bahkan patah saat dikendarai, yang dapat 
membahayakan pengendara. Tujuan penelitian ini Melakukan pemilihan transmisi 
dan analisis yang sesuai, untuk mentransfer daya motor sebesar 1HP sehingga 
output daya transmisi mampu menopang kinerja mesin uji buckling.
 Dengan metode pengujian tanpa beban dan dengan beban. Sehingga 
menghasilkan gaya dorong yang mampu menopang kinerja uji buckling frame 
sepeda jalan. Dan bisa mnguji kekuatan frmae sepeda jalan. Berdasarkan hasil 
penelitian pemilihan transmisi daya uji buckling. Dengan menggunakan metode 
tanpa beban sebanyak 5 kali pengujian diperoleh gaya dorong terendah 1766.5 N 
dan gaya dorong tertinggi 2505.6 N. sedangkan dengan metode menggunakan 
beban, yaitu frame sepeda sebagai obyek pengujian. Data diambil setiap mounting 
bergerak sejauh 10mm. hasil yang diperoleh dari pengujian  ini yaitu frame sepeda 
mengalami buckling akibat gaya dorong yang diberikan sebesar 1835.7 N. 
kesimpulan dari hasil diatas hasil actual tidak jauh dari perhitungan teoritis.
 Kata kunci:  gaya dorong, frame sepeda,, sistem transmisi daya, pengujian frame, 
buckling. 
vii
ABSTRACT
           the 
bicycle frame it self has a function to hold the load forces of the rider. 
Be it gravity, thrust caused by unstable road construction, resulting in collisions 
between bicycle frames with the road being traversed. Based on these data there 
is often damage to the bicycle frame such as bending, bending, or even broken 
when driving, which can endanger the driver. The purpose of this study is to select 
the appropriate transmission and analysis, to transfer 1HP motor power so that 
the transmission power output can support the performance of the buckling test 
machine. With testing methods without load and with load. So as to produce thrust 
that is able to support the road bike frame buckling test performance. And you can 
test the strength of the road bike fraction. Based on the results of research on the 
selection of buckling test power transmissions. Using the no-load method 5 times 
the lowest thrust force is 1766.5 N and the highest thrust force is 2505.6 N. 
Whereas the method uses the load, that is the bicycle frame as the object of 
testing. Data taken for each mounting moves as far as 10mm. the results obtained 
from this test are bicycle frames buckling due to the thrust given is 1835.7 N. The 
conclusions from the results above the actual results are not far from theoretical 
calculations.
 Keywords: thrust, bicycle frame, power transmission system, frame testing, 
buckling.