Abstak
Suci Amelia, NPM 181105010220, Pengaruh Kecerdasan Emosional
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP
Negeri 1 Bogor. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn
Khaldun Bogor. 2022. Skripsi.
Kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor penting yang
seharusnya dimiliki oleh siswa untuk meraih prestasi belajar yang lebih baik di
sekolah dan seorang siswa dapat mengimbangi kecerdasan emosional dengan
prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya
pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran PAI. Tujuan lainnya yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Jenis pendekatan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional dan regresi. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bogor. Sampel
yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 102 siswa yang diambil melalui
teknik Non-Probability Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner
(angket), kemudian datanya diolah menggunakan aplikasi SPSS. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu uji hipotesis dengan menggunakan Purposive
Sampling. Purposive Sampling merupakan teknik pengambilan sampel dengan
cara memberikan penilaian sendiri terhadap sampel di antara populasi yang
dipilih. Menurut Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan
emosional terhadap siswa kelas VIII C, G dan F pada SMP Negeri 1 Bogor berada
pada kategori sedang, hal ini didukung nilai koefisien korelasi sebesar -0,159
dengan p = 0,128 v(p >0,05) artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka
semakin tinggi prestasi belajar dan tingkat prestasi belajar siswa berdistribusi
normal atau berada pada kategori sedang dilihat dari rata-rata hasil pembelajaran
PAI dari 102 siswa diangka 81,27 artinya bisa dikatakan baik.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional. Prestasi Belajar